Rabu, 29 Oktober 2014

Dampak Globalisasi dalam Kehidupan

A. Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia
1. Hakikat Globalisasi
Istilah globalisasi berasal dari kata "global" yang artinya dunia, atau "globe" yang artinya bola dunia. Jadi, secara harfiah globalisasi dapat diartikan proses mendunia. Globalisasi merupakan era yang seolah-olah tanpa jarak dan ruang, seperti kalau kamu melihat globe.
Dalam memberikan hakikat globalisasi, ada tiga hal sebagai unsur yang sering ditemukan yaitu :
a. Kesalinghubungan
    Globalisasi merupakan suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam budaya, ekonomi, politik, telnologi maupun lingkingan. Dengan demikian, globalisasi dapat disimpulkan sebagai masyarakat dunia hidup dalam suatu era yang sebagian besar kehidupannya sangat ditentukan oleh proses-proses global.
b. Integrasi
    konsep lain yang sering muncul dalam pengertian globalisasi adalah integrasi (penyatuan dunia). Globalisasi merupakan proses munculnya masyarakat global, yaitu dunia yang terintegrasi secara fisik, dengan melampaui batas-batas negara, baik ideologis maupun lembaga-lembaga politik dunia. penyatuan wilayah membawa akibat bersatunya kepentingan bangsa-bangsa dan wilayah itu, misalnya persoalan ekonomi, sosial, dan budaya yang menyatukan negara-negara Asia Tenggara.
    Untuk itu, mereka membentuk perhimpunan bersama, namanya Asean. melalui Asean ini, mereka meningkatkan persahabatan dan kerja sama ekonomi, sosial, dan budaya.
c. Interdepensi
    konsep interdepensi atau kesalingterkaitan juga sering muncul dalam membahas pengertian globalisasi. Globalisasi sering dimaknai bahwa sistem ekonomi, khusunya sistem moneter dunia saat ini sangat tergantung antara satu dengan yang lain.

B. Hubungan Internasional di Era Globalisasi
Hubungan internasional adalah hubungan antar negara dalam berbagai aspek kehidupan untuk saling memenuhi kepentingannya masing-masing. Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara adalah agar terpenuhinya segala kebutuhan atau kepentingan melalui jalinan kerjasama.

C. Politik Luar Negeri Indonesia
a. pengertian politik luar negeri
   Ppolitik luar negeri adalah suatu kumpulan kebijakan yang ditetapkan oleh suatu negara untuk mengatur hubungannya dengan negara lain. Ada hubungan yang erat dan tidak terpisahkan antara politik luar negeri Republik Indonesia dengan kepentingan nasional, tujuan nasional, dan cita-cita nasional bangsa Indonesia.
   Politik luar negeri suatu negara hakikatnya merupakan salah satu sarana untuk mencapai kepentingan nasional dan tujuan nasional. politik luar negeri bebas aktif merupakan salah satu sarana untuk mencapai kepentingan nasional yaitu mendukung pembangunan nasional.
   Politik luar negeri Republik Indonesia berpijak pada landasan idiil Pancasila, landasan struktural UUD 1945, dan landasan operasional, yaitu UU (misal UU No. 37 Tahun 1999), Peraturan Pemerintah (PP), RPJMN (Perpres No. 7 Tahun 2005), dan Kebijakan Menteri Luar Negeri.
   Politik luar negeri Indonesia menganut prinsip bebas aktif yang diabdikan untuk kepentingan nasional. Menurut UU No.37 Tahun 1999, politik luar negeri dilaksanakan melalui diplomasi yang kreatif, aktif dan antisipatif, tidak sekadar rutin dan reaktif, teguh dalam prinsip dan pendirian, serta rasional dan luwes dalam pendekatan.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas informasi tentang Globalisasi karena dapat membantu saya untuk mengerjakan pr ...

    BalasHapus
  2. iya sama-sama, semoga artikel ini bisa bermanfaat jga untuk yang lainnya

    BalasHapus